Selasa, 07 Maret 2017

Apa itu SOP ?


A. Pengertian SOP

Suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.


B. Latar Belakang

Untuk melengkapi tugas harian pada saat prakerin
 
C. Maksud dan Tujuan

Agar pembaca dapat memahami  SOP

D.  Tujuan dari SOP

SOP sangat diperlukan oleh siapapun yang bekerja di kantor atanu perusahaan apapun.Penyusunan SOP setiap instansi tidak sama. Sebagai contoh, SOP yang dimiliki oleh perusahaan konveksi tentu sangat berbeda dengan SOP yang dimiliki oleh sebuah industri yang bergerak dibidang pembuatan makanan.

Sebab sebuah SOP dibuat dan disusun sesuai dengan jenis bidang dan profesinya. Setiap perusahaan, instansi dan lembaga memliki tujuan yang berbeda- beda. Untuk itu dibutuhkan SOP yang berbeda juga.
Namun, secara umum penyusunan sebuah Standart Operating Prosedur memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Memberikan pedoman, petunjuk, arahan secara umum dan khusus kepada sebuah lembaga, instansi atau perusahaan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
Seorang pegawai pasti akan merasa bingung ketika dia mendapat jabatan baru namun dia tidak tahu hal – hal apa yang harus dia kerjakan, tugas – tugas apa yang harus dia selesaikan. Untuk itu, dia memerlukan sebuah SOP yang jelas sesuai tugas dan fungsi jabatannya.

2. Menciptakan tekad yang kuat dan semangat kerja yang tinggi. Dengan adanya sebuah Standart Operating Prosedur (SOP) yang baik, maka setiap pegawai atau karyawan yang bekerja di perusahaan atau instansi akan memiliki kemauan yang kuat dalam menyelesaikan tugas – tugasnya.
Mereka akan tertantang untuk menyelesaikan tuga – tugas mereka tepat waktu dan membuahkan hasil yang baik.

3. Memperkecil kemungkinan perusahaan atau instansi mengalami SOP disusun supaya instansi atau perusahaan dapat terhindar dari kegagalan dan kebangkrutan.

E. Fungsi SOP

Setelah Anda mengetahui bahwa tujuan penyusunan SOP sangat penting, sebaiknya Anda mulai fokus untuk menjalankan tugas – tugas Anda sesuai SOP. Standart Operating Prosedur merupakan sebuah perencanaan kerja. Dan perencanaan yang baik akan melahirkan hasil yang memuaskan.

Selain berbagai macam tujuan diatas, sebuah Standart Operating Prosedur juga memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Memperkecil kemungkinan pegawai melakukan kesalahan
Dengan adanya SOP yang jelas, diharapkan setiap pekerja dan pegawai dapat melaksanakan tugasnya dengan benar dan terhindar dari kesalahan – kesalahan, baik kesalahan kecil terlebih lagi kesalahan fatal.

2. Standart Operating Prosedur sebagai alat penilaian kerja seseorang
Seorang karyawan atau pegawai yang dapat bekerja sesuai dengan SOP menunjukan pegawai tersebut telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.

F. Hasil dan Kesimpulan

Dengan kita menerapkan SOP dalam bekerja, kita dapat meminimalisir terjadinya kesalahan.

G. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Standard_operating_procedure
http://www.yekayee.us/2017/03/apa-itu-sop.html


0 komentar:

Posting Komentar