Jumat, 24 Maret 2017

Apa itu VPN ?






A. Pengertian

Virtual perpanjangan jaringan pribadi melalui jaringan publik, seperti internet . Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seakan perangkat komputasi mereka langsung terhubung ke jaringan pribadi. Aplikasi berjalan melintasi VPN karena itu dapat mengambil manfaat dari fungsi, keamanan , dan manajemen dari jaringan pribadi.  

 
VPN memungkinkan karyawan untuk aman mengakses perusahaan intranet sementara berada di luar kantor. Mereka digunakan untuk aman menghubungkan kantor geografis terpisah dari sebuah organisasi, menciptakan satu jaringan kohesif. Pengguna internet individu mungkin mengamankan mereka nirkabel transaksi dengan VPN, untuk menghindari geo-pembatasan dan sensor, atau menghubungkan ke proxy server untuk tujuan melindungi identitas pribadi dan lokasi. Namun, beberapa situs internet memblokir akses ke teknologi yang diketahui VPN untuk mencegah pengelakan mereka geo-pembatasan.
 
Sebuah VPN diciptakan dengan membentuk virtual point-to-point koneksi melalui penggunaan koneksi berdedikasi, maya protokol tunneling , atau lalu lintas enkripsi . Sebuah VPN tersedia dari internet publik dapat memberikan beberapa manfaat dari wide area network (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi dapat diakses dari jarak jauh.  
 
VPN tradisional ditandai dengan topologi point-to-point, dan mereka tidak cenderung untuk mendukung atau menghubungkan domain broadcast , sehingga layanan seperti Microsoft Windows NetBIOS mungkin tidak sepenuhnya didukung atau bekerja karena mereka akan pada jaringan area lokal (LAN) . Desainer telah mengembangkan varian VPN, seperti Virtual Private LAN Layanan (VPLS), dan lapisan-2 protokol tunneling , untuk mengatasi keterbatasan ini.

B. Latar Belakang

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang artinya membuat jaringan private secara virtual diatas jaringan public(umum) seperti internet. VPN berkembang dikarenakan adanya perkembangan yang pesat pada perusahaan-perusahaan besar yang ingin tetap memperluas jaringan bisnisnya, namun mereka tetap ingin terhubung ke jaringan local(private) mereka  dengan kantor cabang yang dimiliki dan perusahaan mitra kerjanya yang berada di tempat yang jauh. Perusahaan juga ingin memberikan hak akses kepada pegawai khusus sebagai fasilitas yang efektif dan efisien agar dapat terhubung ke jaringan lokal milik perusahaan tersebut di manapun mereka berada. Perusahaan tersebut perlu suatu jaringan lokal yang jangkauannya luas, tidak bisa diakses oleh sembarang orang, tetapi hanya orang yang memiliki hak akses saja yang dapat terhubung ke jaringan lokal tersebut sehingga keamanan perusahaan dapat terjaga.

C. Maksud dan Tujuan

Dengan Memahami ini pembaca dapat mengetahui apa itu VPN dan fungsi maupu kelebihan dan kekurangannya.

D. Pembahasan

Cara Kerja VPN

  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya MikroTik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.
Kelebihan VPN
  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
Kekurangan VPN
  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN

E. Hasil dan Kesimpulan

Kekurangan tentang VPN yaitu pada saat pengiriman data dari awal sampai akhir akan memakan waktu yang lebih lama daripada pengiriman data secara langsung, hal tersebut dikarenakan terjadinya proses tunneling,enkripsi dan dekripsi.

Pengimplementasian menggunakan teknologi VPN lebih dianjurkan daripada penggunaan teknologi leased line karena selain faktor biaya lebih murah, VPN dapat juga diandalkan dari segi keamanannya.

F. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_network
www.yekayee.us/2017/03/pengertian-vpn-manfaat-serta-cara-kerja.html

0 komentar:

Posting Komentar