Rabu, 05 April 2017

Install samba file server on Debian 8.6


A. Pengertian

Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.

B. Latar Belakang

karena samba merupakan protokol server massage block (SMB), yang mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna.

C. Maksud dan Tujuan

Untuk meng-upload dan  men-download data dari server jadi lebih mudah karena samba. dapat di akses melalui  file direktori kita tanpa melalui aplikasi yang lain contohnya seperti filezilla, fireftp.

D. Alat dan Bahan

Server / Virtualbox
Debian 8
Laptop untuk  remote
Akses Jaringan

E. Waktu Pelaksanaan

5 menit

F. Tahap Pelaksanaan

1.  Install  samba dengan perintah "#apt-get install  samba"


2. Lalu anda konfigurasi data atau folder yang akan anda sharing, disini folder yang saya  akan sharing adalah /home/hashfi/ , konfigurasinya dengan perintah:
"#nano /etc/samba/smb.conf"


3. Kemudian pada bagian paling bawah silahkan anda tambahkan beberapa baris berikut :

[hashfi.jkt]
path =  /home/hashfi
browseable = yes
writeable = yes
guest ok = no
public = no
read only = no
security = user


4. Silahkan anda masukan user dan password untuk pengguna samba, dengan perintah "#smbpasswd -a hashfi"


5. setelah anda mengganti,  lalu anda restart samba, dengan perintah
"#service samba restart" atau "#/etc/init.d/samba restart"


6. Setelah anda merestart, anda coba buka di browser client dengan IP yaitu dengan alamat smb://192.168.25.2. Seperti pada gamba dibawah ini


7. Anda juga bisa cek di Network, lalu ketik pada kolom "smb://192.168.25.2/" dan pilih lalu klik folder yang anda telah buat seperti pada gambar dibawah ini


8. Setelah itu muncul tmpilan seperti pada gambar dibawah ini, kemudian anda isi username, domain, dan password anda setelah itu klik connect


9. Kemudian folder yang anda buat tadi akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini


G. Hasil dan Kesimpulan

Samba merupakan program  aplikasi yang bersifat opensource yang menyediakan berbagai layanan, dan dengan menginstall samba kita akan menjadi lebih mudah untuk  upload dan mendownload dari server kerena samba dapat di akses melalui file direktori kita tanpa melalui aplikasi yang lain contohnya seperti filezilla, fireftp, dan lain lain.
 
H. Referensi

Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Samba_(perangkat_lunak)
 

0 komentar:

Posting Komentar