Kamis, 27 April 2017

Konfigurasi Point To Point : Setting Radio UBNT Sebagai Access Point


A. Pengertian

Setting radio UBNT sebagai access point yang dimaksud adalah kita akan membuat radio UBNT tersebut menjadi pemancar sinyal yang nantinya akan ditangkap oleh station.
 
B. Latar Belakang

Jika ingin mengubungkan desa A ke desa B dan diperkirakan jaraknya sekitar 15 km lebih, dan sangat tidak mungkin kita mnghubungkannya dengan dengan menggunakan kabel, tentunya akan memerluka biaya yang cukup besar. Dan maka dari itu kita menggunakan radio UBNT ini sebagai media transmisi pengganti kabel.


C. Maksud dan Tujuan

Untuk mengetahui cara bagaimana setting radio UBNT menjadi access point atau pemancar sinyal.

D. Alat dan Bahan

Radio UBNT
2 Kabel UTP
Adapter LAN/EOP
Laptop/komputer

E. Waktu Pelaksanaan

5-8 Menit

F. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita hubungkan dahulu radio UBNT ke komputer atau laptop kita, untuk ip default dari UBNT ini adalah 192.168.1.20 maka kita setting ip di laptop atau komputer kita menjadi satu jaringan dengan ubnt ini, jika sudah buka di browser dan ketikkan ip dari ubnt ini untuk masuk ke konfigurasi, tampilan awal login sepert dibawah ini.
Masukkan username : ubnt
Password : ubnt

2. Sekarang kita pilih pada tab "system" kemudian pada device name beri informasi identitas untuk radio ubnt tersebut. Pada bagian Time Zone kita pilih sesuai wilayah lalu beri centang pada Startup Date dan di sebelah kanan kolom pada Startup Date yang bawah kita klik lalu sesuaikan tanggal. Kemudian klik change lalu apply. Perlu diketahui setiap kita selesai melakukan konfigurasi dan kita klik change maka radio ubnt otomatis akan merestart.


3. Sekarang kita masuk ke tab Network. Kita akan ubah ip address dari radio ubnt ini yang semula 192.168.1.20 kita ubah menjadi 192.168.1.21 agar nantinya tidak sama dengan radio ubnt station. kemudian klik change lalu apply.


4. Selanjutnya kita ke tab "wireless"
Wireless Mode : Pilih Access Point
SSID : Isi sesuai keinginan anda
Country code : ini terserah mau diisi apa saja tetapi nanti radio ubnt   station harus sama dengan country code access point, dalam kasus ini kita pilih Indonesia saja.
Frequenzy, MHz : akan ada beberapa pilih isi terserah anda.
Frequenzy list, MHz : klik edit lalu pilih sesuai frequenzy yang diatas ( Frequenzy, MHz )
Lalu kita sekarang akan Menambahkan security
Secutiry : Pilih WPA2-AES
WPA Authentification : PSK
WPA Presharedkey : sesuai keinginan anda
Kemudian klik change lalu apply


5. Kemudian klik pada tab MAIN, akan muncul informasi radio ubnt kita yang telah disetting menjadi access point untuk memancarkan sinyal.


G. Hasil dan Kesimpulan

Dari sini kita dapat mensetting Radio UBNT menjadi access point untuk memancarkan sinyal dan nantinya akan di tangkap oleh Radio UBNT yang di setting sebagai station.

H. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Ubiquiti_Networks

0 komentar:

Posting Komentar