Selasa, 25 April 2017

Macam - Macam Dekstop Environment Linux


A. Pengertian

Pada komputer, sebuah lingkungan desktop (bahasa Inggris: desktop environment (DE)) umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI=Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan desktop di layar komputer modern. Lingkungan desktop adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (command line interface) (CLI) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.

Sebuah lingkungan desktop biasanya terdiri dari ikon, sistem jendela (window), bilah alat (toolbar), map (folder), latar belakang (wallpaper), dan gawit layartama (desktop widgets). (Lihat WIMP)

Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X masing-masing mempunyai lingkungan desktop tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai pelbagai lingkungan desktop, diantaranya yang terpopuler adalah GNOME dan KDE.

B. Latar Belakang

Dengan kita mengetahui tentang apa itu Dekstop environment, apa itu sebenernya tentang tampilan pada pc kita

C. Maksud dan Tujuan

Untuk mengerti lebih dalam apa itu tentang dekstop environment pada linux

D. Pembahasan
  • GNOME
Desktop environment GNOME
lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

GNOME adalah bagian dari proyek GNU dan dapat digunakan di kebanyakan sistem operasi Unix-like, kebanyakan Linux dan OpenSolaris desktop.

  • KDE
Desktop environment KDE
lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
  • Unity
Desktop environment Unity

tampilan shell GNOME yang dibuat oleh Canonical Ltd. untuk sistem operasi Ubuntu. Unity pertama kali tampil dalam versi notebook Ubuntu 10.10 dengan tujuan awal untuk lebih menghemat penggunaan ruang layar/desktop yang ada.
  • Cinnamon
Desktop environment Cinnamon

Cinnamon merupakan DE yang dikembangkan oleh Linux Mint berbasiskan Gnome 3, termasuk libraries dan paket aplikasi. Cinnamon memberikan tampilan desktop environmen modern pada tampilan DE tradisional. Pengembangan DE ini didasarkan untuk memberikan kemudahan penggunaan, daya, dan fleksibel.

DE ini memberikan tampilan yang cukup berbeda dengan pendahulunya. Cinnamon memberikan taskbar dengan menu aplikasi layaknya KDE. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang belum siap dengan perubahan besar pada tampilan Gnome 3.
E. Hasil dan Kesimpulan

Semua diatas adalah tampilan tampilan versi linux, dan menurut saya tampilan paling bagus adalah versi KDE

F. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_desktop
https://id.wikipedia.org/wiki/KDE
https://id.wikipedia.org/wiki/Unity_(antarmuka_pengguna)
https://id.wikipedia.org/wiki/GNOME
http://www.yekayee.us/2017/04/macam-macam-dekstop-environment-linux.html

0 komentar:

Posting Komentar