Rabu, 22 Februari 2017

Konfigurasi bandwidth mikrotik dengan winbox



A. Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.


B. Maksud dan Tujuan 

Kita dapat mengefisiensikan kecepatan internet yang diberikan ISP


C. Jangka Waktu

Antara 3 atau 5 menit


D. Bahan-bahan yang diperlukan

Laptop / PC
Aplikasi Winbox
Mikrotik
Internet



E. Tahap-tahap Konfigurasi

1. login mikrotik melalui winbox terlebih dahulu
2. klik menu Queues



3. Lalu klik Tanda Tambah



4. Untuk kolom name kalian isi nama terserah kalian, dan target kalian pilih terserah kalian, disini saya memberi contoh pada client.

Untuk pengaturan kecepatan, kalian bisa atur sendiri pada target upload dan target download, lalu apply dan ok



5. Jika sudah, lalu kalian coba buka http://speedtest.net/ untuk mencoba kecepatan internet anda, gambar di atas adalah hasil ketika sudah di bandwith.





F. Hasil dan Kesimpulan

Dengan bandwith ini kita bisa membagi kecepatan internet pada pc client, dan untuk mengefesiensikan kecepatan yang diberikan ISP.


G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita
http://www.yekayee.us/2017/02/cara-bandwith-kecepatan-internet.html




0 komentar:

Posting Komentar