Kamis, 23 Februari 2017

Setting DNS MikroTik Melalui Winbox


A. Pengertian DNS

(Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.


B. Maksud dan Tujuan

Untuk menerjemahkan mentranslasikan alamat ip menjadi sebuah domain dan juga sebaliknya. Contohnya saja alamat facebook.com, google.com, dan situs-situs lainnya merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain.


C. Jangka Waktu

3 menit


D. Alat dan Bahan

1. PC/Laptop
2. MikroTik Routerboard
3. Kabel UTP
4. Winbox


E. Tahap Pelaksanaan

1. Masuk ke winbox terlebih dahulu dengan memberi IP Address dan Gatewaynya adalah Gateway Mikrotik.

2. Masuk ke menu IP pada winbok lalu pilih Menu DNS


3. Pada DNS kita bisa memakai "IP" dari server "DNS" tempat kita berlangganan atau bisa juga memakai "DNS" publik contohya "Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4), dan pembahasan kali ini saya memakai "IP DNS Google".
Server : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
Allow Remote Requests : Beri Tanda Ceklis
Allow Remote Requests adalah client yang terhubung ke routerboard kita tidak perlu lagi menggunakan DNS sebelumnya, cukup menggunakan DNS yang ada pada routerboard kita, setelah itu Apply lalu OK.






F. Hasil dan Kesimpulan

Dengan memberi DNS akan mempermudah pengguna dalam mengakses situs-situs. Karena lebih mudah mengingat kata dari pada mangingat angka, Terlebih lagi untuk para pengguna internet akan lebih mudah untuk mengingat alamat situs kita berupa nama domain daripada berupa alamat ip.

G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain
http://trialdi-blc.blogspot.co.id/2017/02/cara-memberi-dns-pada-winbox.html


0 komentar:

Posting Komentar