Jumat, 03 Februari 2017

Mengenal Telekomunikasi


A.Pengertian Telekomunikasi
    
Sebelum mengenal telekomunikasi mari kita ketahui dahulu apa itu KOMUNIKASI ??

Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain.

B.Komponen Dasar

Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu :
  • Informasi : merupakan data yang dikirim/diterima sepertii suara, gambar, file, dan tulisan.
  • Pengirim : mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.
  • Media Transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi (dimodulasi) dengan gelombang radio, kemudian diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan dipancarkan dengan alat bernama Antena, agar dapat terkirim jarak jauh.
  • Penerima : manerima sinyal elektromagnetik kemudian diubah menjadi sinyal listrik, sinyal diubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.

C.Perkembangan Sistem Telekomunikasi 

Sejak ditemukan telephone oleh Antonio Meucci, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat di antera sistem lain. Terutama setelah ditemukan transistor, Intergrated Circuit (IC), sistem prosesor, dan sistem penyimpanan.


0 komentar:

Posting Komentar