Kamis, 02 Februari 2017

Mengenal sistem operasi LINUX




Sejarah LINUX ?

Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan para pebisnis.

Pengertian LINUX ?

Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan banntuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.

(Gambar Linus Torvalds)



Apa itu LINUX ?

Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) General Public License (GPL) atau lisensi publik umim yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980 yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak.

(Gambar Richard Stallman)

Penamaan GNU GNU (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX. 

 Filosofi Open source :

Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programer dapat membaca, mendistribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang mmperbaiki bug. Dan ini akan menyebabkan terjadinya pada percepatan pengembangan perangkat lunak, jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvensional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa prases evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik dariada model tertutup tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar