Jumat, 03 Maret 2017

Memahami Tentang Samba Server


A. Pengertian Samba

Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.


B. Maksud dan Tujuan

agar pembaca dapat memahami apa itu samba


C. Fungsi dari Samba Server

      A. Sebagai Perangkat lunak cukup banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh samba software, mulai dari menjembatani sharing file, sharing device PDC, Firewall, DNS, DHCP, FTP, webserver, sebagai gateway, mail server, proxy dan lain lain. Fasilitas pengeremote telnet dan ssh juga tersedia. Salah satu keuggulan lainnya adalah adanya aplikasi pengaturan yang tidak lagi hanya berbasis teks, tetapi juga berbasis grafis yaitu swat. Menempatkan mesin Linus/UNIX sebagai PDC (Primary Domain Controller).
  
      B. Samba PDC (Primary Domain Controller) bertujuan sebagai komputer yang akan melakukan velidasi user kepada setiap client yang akan bergabung dalam satu domain tertentu. dengan kata lain hanya user yang terdaftar yang diijinkan masuk ke domain tersebut dan mengakses semua fasilitas domain yang disediakan.


D. Keunggulan SAMBA

1. Gratis atau free
2. Tersedia untuk berbagai macam platform
3. Mudah dikonfigurasi oleh administrator
4. Sudah terhubung langsung dengan jaringan
5. Mempunyai performa yang maksimal
6. dan jarang ditemui masalah dalam penggunaannya di jaringan
7. Dapat diandalkan karena jarang terjadi kesalahan



E. Hasil dan kesimpulan

Dari memahami ini kita dapat mengoptimalkan penggunaan samba


F. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Samba_(software)
https://id.wikipedia.org/wiki/Samba_(perangkat_lunak)

0 komentar:

Posting Komentar