Rabu, 15 Maret 2017

Mengenal Fiber Optic


A. Pengertian

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Perkembangan teknologi serat optik saat ini, telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional. Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistem telekomunikasi. Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat didalamnya.

Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.

B. Latar Belakang

Untuk melengkapi tugas harian saya selama prakerin.

C. Maksud dan Tujuan

Agar pembaca dapat memahami dan mengetahui tentang Fiber Optic.

D. Pembahasan

Bagian-Bagian pada Fiber Optic


   >Inti/core, pada bagian inti jenis kualitas fiber sangat berpengaruh pada kualitas fiber optic itu sendiri. Semakin besar diameter serat kaca maka akan semakin baik pula kualitas si fiber optic itu sendiri.

   >Cladding, bagian ini adalah bagian yang terbuat dari kaca yang mengelilingi inti. Fungsinya untuk memantulkan  kembali sinar ke dalam inti sehingga tidak ada pembiasan sinar yang akan mengurangi kinerja dari kabel tersebut.

   >Coating, berbeda dengan inti dan cladding, lapisan ini terbuat dari plastik. Fungsi dari lapisan ini adalah untuk melindungi kabel dari gangguan luar seperti lengkungan pada kabel dan kelembaban udara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam.

   >Strength Member & Outer Jacket, Perlindungan utama diberikan oleh lapisan ini, sudah jelas fungsi dari lapisan ini adalah melindungi lapisan dalam dari gangguan luar secara langsung.

Jenis Kabel pada Fiber Optic

  Kabel Fiber Optic memiliki 2 jenis yaitu :

 

   >Single Mode, yaitu kabel fiber optic yang memiliki inti lebih kecil, yaitu 9 micron. Memiliki fungsi untuk mengirimkan sinar inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nm) yang hanya bisa menyebarkan cahaya melalui satu inti pada satu waktu.

   >Multimode, digunakan untuk tujuan komersial memiliki inti yang lebih besar dan memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat dalam waktu yang bersamaan. Multimode memiliki diameter 62.5 micron dan memiliki fungsi mengantarkan sinar inframerah dengan panjang gelombang 850-1300nm.

E. Hasil dan Kesimpulan

Fiber Optic (FO) merupakan media transmisi data yang berwujud kabel, namun berbeda dengan kabel lainnya karena inti dari kabel ini berupa serat kaca, kabel fiber optic metransferkan data dalam bentuk cahaya sehingga kecepatan transer datanya hampir menyamai kecepatan cahaya. Kita tidak boleh sembarangan membuka lapisan-lapisan yang terdapat pada fiber optic, karena jika serpihan serat-serat kaca tersebut mengenai kulit, serpihan-serpihan tersebut bisa masuk ke pori-pori kulit sehingga bisa sampai ke jantung dan bisa menyebabkan pecahnya pembuluh-pembuluh darah, atau bisa menyebabkan kanker.
 
F. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Serat_optik
http://www.yekayee.us/2017/03/pengertian-fiber-optic.html

0 komentar:

Posting Komentar