Senin, 13 Maret 2017

Mengenal VLAN


A. Pengertian

setiap domain broadcast yang dipartisi dan terisolasi dalam jaringan komputer di lapisan data link ( OSI layer 2 ). LAN adalah singkatan untuk jaringan area lokal . 

Untuk membagi jaringan ke dalam virtual LAN, satu mengkonfigurasi peralatan jaringan . Peralatan sederhana dapat partisi hanya per port fisik (jika sama sekali), dalam hal ini setiap VLAN terhubung dengan dedicated kabel jaringan . Perangkat yang lebih canggih dapat menandai frame melalui VLAN tagging , sehingga interkoneksi tunggal ( trunk ) dapat digunakan untuk mengangkut data untuk beberapa VLAN. Karena bandwidth berbagi VLAN, batang VLAN dapat menggunakan agregasi link , kualitas-of-service prioritas, atau keduanya untuk rute data secara efisien.

VLAN memungkinkan administrator jaringan untuk host kelompok bersama-sama bahkan jika host tidak pada switch jaringan yang sama. Hal ini dapat sangat menyederhanakan desain jaringan dan penyebaran, karena keanggotaan VLAN dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak. Tanpa VLAN, pengelompokan host sesuai dengan kebutuhan sumber daya mereka membutuhkan tenaga kerja dari relokasi node atau rewiring data link.
 
B. Latar Belakang

Untuk melengkapi tugas harian saya selama prakerin.

C. Maksud dan Tujuan

Agar pembaca dapat memahami dan mengerti tentang Vlan.

D. Pembahasan

 Penggunaan VLAN

          Arsitek jaringan mengatur VLAN untuk menyediakan segmentasi jaringan layanan tradisional yang disediakan oleh router hanya dalam konfigurasi LAN. VLAN menangani masalah-masalah seperti skalabilitas , keamanan, dan manajemen jaringan. Router di VLAN topologi penyaring lalu lintas siaran , meningkatkan keamanan jaringan , melakukan alamat summarization , dan mengurangi kemacetan jaringan . Switch tidak dapat menjembatani lalu lintas jaringan antara VLAN, sebagai melakukannya akan melanggar integritas dari domain broadcast VLAN.1

Dalam sebuah jaringan berbasis pada siaran untuk semua pendengar untuk menemukan rekan-rekan, karena jumlah rekan-rekan di jaringan tumbuh, frekuensi siaran juga meningkat, berpotensi ke titik sehingga banyak waktu jaringan dan kapasitas ditempati dengan mengirimkan siaran eksklusif antara semua anggota. VLAN dapat membantu mengurangi lalu lintas jaringan dengan membentuk beberapa broadcast domain , untuk memecah jaringan yang besar menjadi segmen independen yang lebih kecil dengan siaran sedikit dikirim ke setiap perangkat di jaringan secara keseluruhan.

VLAN juga dapat membantu membuat beberapa lapisan 3 jaringan pada infrastruktur fisik tunggal. Misalnya, jika Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server terhubung ke switch itu akan melayani semua host pada tombol yang dikonfigurasi untuk DHCP. Dengan menggunakan VLAN, jaringan dapat dengan mudah berpisah sehingga beberapa host tidak akan menggunakan server DHCP dan akan mendapatkan alamat link-lokal , atau memperoleh alamat dari server DHCP yang berbeda.

VLAN adalah lapisan data link (OSI layer 2) konstruksi, analog dengan IP subnet , yang lapisan jaringan (OSI lapisan 3) konstruksi. Dalam lingkungan mempekerjakan VLAN, hubungan satu-ke-satu sering ada antara VLAN dan IP subnet, meskipun ada kemungkinan untuk memiliki beberapa subnet pada satu VLAN.

Dalam jaringan legacy, pengguna ditugaskan ke jaringan berdasarkan geografi dan dibatasi oleh topologi fisik dan jarak. VLAN secara logis dapat jaringan kelompok untuk memisahkan lokasi jaringan pengguna dari lokasi fisik mereka. Dengan menggunakan VLAN, kita dapat mengontrol pola lalu lintas dan bereaksi cepat untuk relokasi. VLAN memberikan fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan dalam persyaratan jaringan dan memungkinkan untuk administrasi disederhanakan. 
VLAN dapat digunakan untuk partisi jaringan lokal ke beberapa segmen yang khas,  misalnya:

Sebuah infrastruktur umum dibagi di batang VLAN dapat memberikan ukuran keamanan dengan fleksibilitas yang besar untuk biaya yang relatif rendah. Kualitas skema layanan dapat mengoptimalkan lalu lintas pada link trunk untuk real-time (misalnya VoIP ) atau persyaratan low-latency (misalnya SAN ). Namun VLAN tidak harus dilaksanakan sebagai solusi keamanan karena mereka dapat dikalahkan kecuali dilaksanakan dengan hati-hati.

Dalam cloud computing VLAN, alamat IP, dan alamat MAC pada mereka adalah sumber daya yang pengguna akhir dapat mengelola. Menempatkan mesin virtual berbasis cloud pada VLAN mungkin lebih baik untuk menempatkan mereka secara langsung di Internet untuk menghindari masalah keamanan.

 Sejarah VLAN

          Setelah percobaan sukses dengan voice over Ethernet 1981-1984, Dr. W. David Sincoskie bergabung Bellcore dan mulai mengatasi masalah scaling up jaringan Ethernet. Pada 10 Mbit / s, Ethernet lebih cepat daripada kebanyakan alternatif pada saat itu; Namun, Ethernet adalah jaringan siaran dan tidak ada cara yang baik untuk menghubungkan beberapa jaringan Ethernet bersama-sama. Ini membatasi total bandwidth jaringan Ethernet ke 10 Mbit / s dan jarak maksimum antara dua node untuk beberapa ratus kaki.

Sebaliknya, meskipun kecepatan puncak jaringan telepon yang ada untuk koneksi individu terbatas pada 56 kbit / s (kurang dari seperseratus kecepatan Ethernet), total bandwidth jaringan yang diperkirakan pada 1 Tbit / s, mampu bergerak lebih dari seratus informasi seribu kali lebih dalam skala waktu yang diberikan.

Meskipun itu mungkin untuk menggunakan IP routing untuk menghubungkan beberapa jaringan Ethernet bersama-sama, itu mahal dan relatif lambat. Sincoskie mulai mencari alternatif yang diperlukan kurang pengolahan per paket. Dalam proses ini ia secara independen diciptakan kembali belajar mandiri Ethernet switch .  

Namun, dengan menggunakan switch untuk menghubungkan beberapa jaringan Ethernet secara toleran membutuhkan jalur berlebihan melalui jaringan itu, yang pada gilirannya memerlukan pohon rentang konfigurasi. Hal ini memastikan bahwa hanya ada satu jalan yang aktif dari setiap node sumber ke tujuan manapun di jaringan. Ini menyebabkan berlokasi switch menjadi hambatan, yang membatasi skalabilitas sebagai lebih jaringan yang saling berhubungan.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, Sincoskie diciptakan VLAN dengan menambahkan tag ke setiap frame Ethernet. Tag ini bisa dianggap sebagai warna, mengatakan merah, hijau, atau biru. Kemudian setiap switch dapat ditugaskan untuk menangani frame dari satu warna, dan mengabaikan sisanya. Jaringan dapat saling berhubungan dengan tiga pohon mencakup, satu untuk setiap warna. Dengan mengirimkan perpaduan warna bingkai yang berbeda, bandwidth agregat dapat ditingkatkan. Sincoskie disebut ini sebagai jembatan multitree. Dia dan Chase Cotton dibuat dan disempurnakan algoritma yang diperlukan untuk membuat sistem layak.  Ini "warna" adalah apa yang sekarang dikenal di frame Ethernet sebagai IEEE 802.1Q header, atau tag VLAN. Sementara VLAN yang umum digunakan dalam jaringan Ethernet modern, menggunakan mereka untuk tujuan awal akan agak tidak biasa.
Pada tahun 2003 Ethernet VLAN digambarkan dalam edisi pertama dari IEEE 802.1Q standar.  

Pada tahun 2012 IEEE disetujui 802.1aq IEEE ( jalan terpendek bridging ) untuk standarisasi load-balancing dan forwarding jalur terpendek ( multicast dan unicast ) lalu lintas memungkinkan jaringan yang lebih besar dengan rute jalan terpendek antara perangkat. Hal itu dinyatakan oleh David Allan dan Nigel Bragg, di 802.1aq Shortest Path Bridging Desain dan Evolusi: Perspektif Arsitek yang terpendek jalan bridging adalah salah satu perangkat tambahan yang paling signifikan dalam sejarah Ethernet.

E. Hasil dan Kesimpulan

Setelah mempelajari ini kita mengetahui, bahwa kita dapat menggunakan satu interface untuk banyak vlan, sesuai kebutuhan kita.

F. Referensi

http://www.yekayee.us/2017/03/pengertian-vlan-beserta-sejarahnya.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_LAN

0 komentar:

Posting Komentar